Tesis

Profil ekspresi reseptor (pro) renin, HIF1α dan VEGF plasenta ibu hamil trimester 3 dengan preeklamsia sebagai upaya menjelaskan hipoksia uteroplasenta = Profile of (pro) renin receptor, HIF1α and VEGF expressions in placenta of 3rd trimester of pregnant women with preclampsia to explain of uteroplancental hypoxia.

Kematian ibu akibat komplikasi kehamilan menjadi masalah kesehatan utama. Salah satu komplikasi kehamilan adalah preeklamsia. Preeklamsia yang menyebabkan kematian ibu yang tinggi, disebabkan adanya kegagalan vaskulogenesis dan angiogenesis. Oleh karena itu ingin diteliti peran faktor yang dapat menstimulasi VEGF, salah satunya (P)RR. Penelitian dengan rancangan observasional potong lintang ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis ekspresi mRNA (P)RR dan VEGF, kadar protein HIF-1α, (P)RR dan VEGF serta hubungan ekspresi HIF-1α dengan VEGF, dan hubungan (P)RR dengan VEGF. Sampel yang digunakan adalah 34 jaringan plasenta dari kehamilan normal dan 34 sampel jaringan plasenta preeklamsia. Ekspresi relatif mRNA VEGF dan (P)RR diukur dengan RT-qPCR, kadar protein HIF-1α, (P)RR dan VEGF diukur menggunakan teknik sandwich ELISA. Ekspresi mRNA VEGF pada plasenta preeklamsia 2,83 kali lebih tinggi dibandingkan normal (p = 0,02). Ekspresi mRNA (P)RR pada plasenta preeklamsia 1,7 kali lebih tinggi dibandingkan dengan plasenta normal (p = 0,039). Ekspresi protein HIF-1α, (P)RR, dan VEGF lebih rendah pada preeklamsia p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Nelly Marissa - Nama Orang
Ani Retno Prijanti - Nama Orang
Sri Widia A. Jusman - Nama Orang

No. Panggil
T17298fk
Penerbit
Jakarta : Program Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 80 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17298fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17298FKT17298fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Profil ekspresi reseptor (pro) renin, HIF1α dan VEGF plasenta ibu hamil trimester 3 dengan preeklamsia sebagai upaya menjelaskan hipoksia uteroplasenta = Profile of (pro) renin receptor, HIF1α and VEGF expressions in placenta of 3rd trimester of pregnant women with preclampsia to explain of uteroplancental hypoxia.

Related Collection